Lembaga Pendidikan


 

LEMBAGA TERKAIT

 

 

Pondok Pesantren Al Fatah Maos memiliki 3 lembaga yang pendidikan yang dikelola bersamaan dengan Pondok Pesantren Al Fatah Maos, lembaga tersebut merupakan lembaga yang bersifat formal dan informal, yaitu:

 

 

Madrasah Tsanawiyah (MTs) PP Al Fatah Maos

Mts PP Al Fatah Maos merupakan lembaga pendidikan yang bersifat informal berjenjenjang pendidikan setara dengan SMP. MTs PP Al Fatah Maos terakreitasi B yang berjenjang pendidikan 3 tahun. Mata pelajaran yang diajarkanpun sama seperti SMP dan MTs pada umumnya, yaitu juga mengajarkan pembelajaran seperti Pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Al Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih. Akan tetapi yang membuat MTs PP Al Fatah Maos ini lebih istimewa dan berbeda dengan lembaga pendidikan yang lain, MTs PP Al Fatah Maos memberikan jam & materi lebih untuk mata pelajaran yang bersifat keagamaan seperti Ilmu Nahwu Shorof, Khitobah, Al Jama’ah, Tafsir Jalalain, dan juga Pelajaran Bahasa Inggris Aktif dan Bahasa Arab Aktif sebagai penunjang pembelajaran praktek.

 

 

Madrasah Aliyah (MA) PP Al Fatah Maos

MA PP Al Fatah Maos, lembaga terakreditasi B yang merupakan lembaga yang setara dengan SMA/SMK. MA PP Al Fatah Maos adalah lembaga yang memiliki berbagai keunggulan dibidang akademik non akademik. MA PP Al Fatah Maos juga telah meraih berbagai penghargaan dari berbagai instansi dan organisasi yang telah melakukan kerjasama degan MA PP Al Fatah Maos. Para alumni dan siswa MA PP Al Fatah juga telah banyak menyumbangkan berbagai prestasinya entah itu dalam bentuk penghargaan maupun kejuaraan akademik maupun non akademik seperti Juara 1 Tilawah tingkat Kabupaten Cilacap, Juara 1 lomba Kompetisi Sains Madrasah se-Kabupaten Cilacap, Juara 2 dan 1 secara berturut-turut perlombaan MC dan DAI dalam acara Gebyar Muharram Madrasah se-Kabupaten Cilacap yang diselengarakan oleh Pertamina Cilacap.

MA PP Al Fatah juga menerapkan pembelajran yang bersifat umum seperti lembaga yang lainnya. akan tetapi yang menjadikan nilai tambah di MA PP Al Fatah Maos adalah pengajarnya merupakan Ustad dan Ustadzah Pon Pes Al Fatah Maos yang sudah berkompeten dalam bidangnya, mereka juga merupakan lulusan-lulusan Universitas yang sudah diakui keunggulannya. Lembaga MA PP Al Fatah Maos juga memberikan pembelajaran Khitobah, Nahwu Shorof, Mustholahul Hadits, Tafsir Ashobuny, dll.

 

 

Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos

Walaupun masih tergolong masih baru di Pon Pes Al Fatah Maos, Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos yang berjenjang setara degan MTs/SMP/sederajat maupun MA/SMA/SMK/sederajat lama jenjang pendidikan tersebut juga sama dengan lembaga yang lain, yaitu 3 tahun & 3 tahun bahkan lebih disarankan lagi pembelajarannya 6 tahun yaitu, setelah lulus MTs di Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos kemudian melanjutkan kembali di MA Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos lagi.

Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos juga telah membimbing para santrinya untuk menghafalkan Al Quran, mengerti tajwidnya, mengerti ma’na yang terkandung didalamnya pula. Santriwan dan Santriwati Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos juga ada yang sudah menyelesaikan hafalannya selama 6 tahun belajar di Pon Pes Al Fatah Maos, yang lain juga sudah ada yang dapat menyelesaikan target hafalanya ada yang sudah 15 Juz, 10 Juz, 5 Juz, 2 Juz tergantung dengan lamanya santri tersebut belajar.

Yang meenjadikan Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos berbeda degan Ma’had tahfidz pada umumnya para santri diberikan kesempatan untuk mengukuti Ujian Nasional (UN) seperti Madrasah-madrasah pada umumnya sehingga di Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos tidak memberikan Ujian Paket C kepada santri-santrinya yang nantinya akan mendapatkan Ijazah yang sama dengan lembaga-lembaga sederajat pada umumnya, selain itu para santri setelah lulus juga nantinya dia tidak hanya menerima Ijazah dari Ma’had Tahfidz PP Al Fatah Maos yang berupa hasil hafalan akan tetapi juga Ijazah Ujian Nasional dengan Ijazah Pondok Pesantren Al Fatah Maos.

Ma’had Tahfidz Al Fatah Maos menggunakan sistem pemberlakuan wajib mengikuti pembelajaran Bahasa Arab dan pembelajaran Keagamaan yang lainnnya ketika kelas 1&2 di lembaga sederajatnya entah itu yang sederajat degan MTs maupun dengan MA. Para santri juga ketika akan ada Ulangan Tengah Semster dan Ulangan Semester mereka di hwajibkan untuk ikut. Namun ketika sudah memasuki kelas 3, mereka diwajibkan untuk masuk ke kelas mengikuti pembelajaran sebagai bekal mengikuti Ujian Nasional agar nantinya pada saat Ujian Nasional mereka sudah bisa mengikuti pembelajaran, akan tetapi mereka juga tidak dibebas tugaskan dari menjaga hafalannya dengan muraja’ah (menggulang hafalan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *