0
Banyak Alumni Madrasah Diterima Di PTNby Adminon.Banyak Alumni Madrasah Diterima Di PTNAlfatahmaos.com, Cilacap – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada Jumat (08/05) lalu. Madrasah semakin menunjukan kualitasnya sejalan dengan banyaknya  alumni Madrasah Aliyah (MA) yang  diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama. Berdasarkan laporan terkini yang diterima Kemenag dari beberapa Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi, diketahui sejumlah MA […]

Alfatahmaos.com, Cilacap – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada Jumat (08/05) lalu. Madrasah semakin menunjukan kualitasnya sejalan dengan banyaknya  alumni Madrasah Aliyah (MA) yang  diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama.

Berdasarkan laporan terkini yang diterima Kemenag dari beberapa Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi, diketahui sejumlah MA berhasil menempatkan lulusannya sebagai siswa yang berhasil dalam SNMPTN dan diterima di beberapa PTN.

Madrasah-madrasah tersebut antara lain: MAN IC Serpong yang siswanya diterima di Universitas Indonesia/UI (1), Universitas Gadjah Mada/UGM (1), Universitas Negeri Yogyakarta/UNY (1), dan Universitas Padjajaran/Unpad (1).

Demikian juga MAN 1 Bandung, 4 siswanya diterima di Institut Teknologi Bandung/ITB, 1 siswa di UNPAD, 7 siswa di Universitas Pendidikan Indonesia/UPI, dan 11 lainnya di Universitas Islam Negeri/UIN Bandung. MAN 2 Bandung juga tidak mau kalah, 6 alumninya diterima di ITB, 11 alumni di UPI, dan 11 lainnya di UIN Bandung

Prestasi yang tidak kalah mentereng diraih alumni MAN 2 Yogyakarta. Tidak sedikit dari alumninya diterima di PTN ternama, seperti: 1 alumni di ITB, 1 alumni di UGM, 2 alumni di UIN Sunan Kalijaga, 21 alumni di UNY, dan 1 alumni di Universitas Jenderal Soedirman/Unsoed. Sementara MAN 1 Yogyakarta, 10 alumninya diterima di UGM dan 26 alumni diterima di UNY.

Berdasarkan pantauan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) bukan saja madrasah negeri, tetapi juga terdapat madrasah swasta yaitu; Madrasah Al-Fatah Swasta (MAS) Lampung dan Madrasah Al-Fatah Swasta (MAS) Maos, Cilacap.

Menurut laman resmi Al-Fatah Lampung, ada 13 alumni yang diterima ke PTN, dengan rincian yaitu; 10 alumninya diterima di UNILA/Univesitas Lampung, 1 alumninya diterima di USM/Universitas Sebelas Maret, 1 alumninya diterima di UNMUL/Universitas Mulawarman, dan 1 alumninya diterima di IPB/Institut Pertanian  Bogor.

Sementara di Al-Fatah Maos, jumlah alumni yang diterima yang baru diketahui 4 Siswa, dengan rincian yaitu; 3 alumninya diterima di UNMUL/Universitas Mulawarman dan 1 alumninya diterima di UNSOED/ Universitas Jendral Soedirman.

“Mohon maaf, belum semua bisa dicek, khususnya yang muslimat, karena terkendala oleh tanggal lahir yang belum saya dapatkan datanya. Ada kemungkinan, jumlah itu akan bertambah,” kata Fitriyah Mukti Asih, salah satu pengajar di Al-Fatah Maos dalam status facebooknya.

Dikatakan, catatan prestasi ini menjadi bukti  bahwa kualitas pendidikan Madrasah Aliyah semakin meningkat dan bisa bersaing dengan sekolah umum lainnya.

Sumber : www.mirajnews.com/id

Author: 

Related Posts

 

Tinggalkan Balasan